Selasa, 08 Januari 2013


CARA KECIL DALAM MENGURANGI DAMPAK GLOBAL WARMING!
SELAMAT MEMBACA

Reduce (Mengurangi)

Ayo, kita kurangi sampah! Caranya, kita kurangi pemakaian barang atau benda yang tidak terlalu kita butuhkan. Misalnya:
  • Kurangi memakai kantong plastik. Kantong plastik biasanya dipakai sekali dan langsung dibuang. Padahal, plastik adalah bahan yang perlu ratusan tahun untuk dapat terurai. Karena itu pakailah kantong kain yang lebih awet dan bisa dipakai berulang-ulang.
  • Kurangi membeli minuman dan makanan yang dibungkus. Karena bungkusannya akan kita buang dan akan menjadi sampah. Lebih baik bawa tempat bekal dan tempat minum.
  • Kurangi membeli barang yang tidak terlalu kita butuhkan. Kurangi beli mainan. Mainan dibungkus kemasan. Lalu, kemasannya pasti dibuang. Kalau sering kita membeli mainan, sampai kemasan makanan akan menumpuk.

Reuse (Menggunakan Kembali)

Barang-barang lama masih bisa dipakai dan dimanfaatkan lagi. Jangan langsung dibuang, ya! Misalnya:
  • Buku tulis lama yang kertasnya masih kosong bisa dijadikan kertas catatan atau coret-coret.
  • Baju dan mainan lama yang masih layak pakai bisa disumbangkan.
  • Buku-buku cerita lama dikumpulkan. Lalu, bukalah perpustakaan kecil di rumah.
  • Ingin mengirim paket pos? Bungkus dengan koran lama di rumah.
  • Manfaatkan barang bekas di rumah. Misalnya, kaleng bekas minuman dibersihkan dan diberi hiasan dapat dijadikan tempat pensil di meja belajar.

Recycle (Mendaur Ulang)

Mendaur ulang artinya membuat barang baru dari barang lama. Biasanya, mendaur ulang dilakukan oleh pusat pengolahan sampah atau pusat daur ulang sampah. Meskipun begitu, kita juga bisa ikut membantu.
Caranya, pisahkan sampah. Masukkan sampah organik dan anorganik ke dalam wadah atau tempat sampah yang berbeda. Sampah organik contohnya sisa makanan. Kalau sampah anorganik itu misalnya plastik, kaleng, dan lainnya.
Sampah-sampah yang dipisahkan memudahkan tukang sampah untuk membawanya ke tempat daur ulang sampah. Jadi, sampah yang masih bisa didaur ulang tidak menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
Dalam film WALL E, manusia-manusia tidak bertanggung jawab pada sampah di bumi. Makanya, mereka membuat robot pembersih WALL E. Kalau kita, kan, tidak seperti itu. Jadi, kita tidak butuh robot pembersih. Kita punya Robot 3R yang mengingatkan kita untuk peduli sampah. Mulai dari sekarang dan mulai dari tindakan sederhana yang dilakukan terus menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar